21/04/12

Elaborasi Perjuangan HMI Semarang

Desa Lerep, Kecamatan Ungaran menjadi saksi keberlanjutan bagi perjalanan sejarah himpunan. Forum Ilmiah guna membahas perjalanan kontinyuitas perjuangan ini dihadiri oleh seluruh Komisariat di lingkungan HMI Cabang Semarang. Mengangkat tema "Elaborasi sebuah nilai-perjuangan," HMI Cabang Semarang akan memberikan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) atas amanah hasil Konferensi LI. "Kita disini untuk membahas secara esensial, kemudian untuk teknis masih dapat kita pilah" ungkap Giyarto (utusan HMI Koms.FPBS IKIP PGRI) dalam forum penyampaian dan evaluasi LPJ HMI Cabang Semarang 1432-1433 H/2011-2012 M.

Pembahasan LPJ pada Konferensi LII ini sedikit berbeda. Komisariat STIE BPD Jateng yang notabene sebagai kampus perbankan memberikan kritik atas pelaporan keuangan dalam lampiran LPJ. Hal ini sungguh rancu. Karena sebagai sebuah organisasi yang independent, HMI tidak memiliki finansial yang kuat. Akan tetapi auditing atas pelaporan perlu dilakukan, tanpa melihat organisasi apakah dia karena "keteledoran dalam pelaopran keuangan adalah yang menjadi cikal bakal Korupsi di Indonesia" ungkap Agung (Ketum HMI Koms. STIE BPD Jateng). Ia melanjutkan bahwa "Evaluasi dan Auditing keuangan ini bukan maksud su'udzon kepada pengurus, tapi lebih pada bagaimana kita memberikan laporan keuangan yang baik secara pedoman keuangan HMI yang telah ada."

Kegiatan yang dibuka oleh Pengurus PB HMI ini juga sangat konsen dalam konteks pembahasan perkaderan. Stagnanisasi kondisi perkaderan merupakan sebuah kondisi perkaderan. Baik Secara Kuantitas maupun Kualitas. HMI Cabang Semarang masih konsisten dalam penyelenggaraan pendidikan dan kegiatan bagi pengembangan potensi seluruh anggotanya.

Semangat kebersamaan yang menjadi ciri khas HMI Cabang Semarang sangat terasa. Meski terdapat konflik dalam forum evaluasi LPJ, itu bersifat dinamika dalam sebuah forum. Forum LPJ berjalan cukup lama. Dimulai hari sabtu pukul 09.00 WIB selesai sampai dengan pukul 22.30 WIB. Dengan Status LPJ 'diterima.' Semoga amanah kepengurusan yang telah dilaksankan menjadi catatan amal ibadah dan demi Ridhollah. Amien... (UNGR,22/4/12)   

Tidak ada komentar: